Indonesia Waspada Difteri

PetaDifteri

Halo Ayah dan Bunda,

Dokter Anak Andara mau memberikan informasi penting terkait penyakit DIFTERI. Melansir berita di CNN Indonesia, saat ini penyakit Difteri telah mewabah ke 20 Propinsi dan 11 diantaranya dinyatakan sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB).

DIFTERI

adalah penyakit akibat terjangkit bakteri yang bersumber dari Corynebacterium diphtheriae. Difteri ialah penyakit yang mengerikan di mana masa lalu telah menyebabkan ribuan kematian, dan masih mewabah di daerah-daerah dunia yang belum berkembang. Orang yang selamat dari penyakit ini menderita kelumpuhan otot-otot tertentu dan kerusakan permanen pada jantung dan ginjal. Anak-anak yang berumur satu sampai sepuluh tahun sangat peka terhadap penyakit ini.
Kuman difteri disebarkan oleh menghirup cairan dari mulut atau hidung orang yang terinfeksi, dari jari-jari atau handuk yang terkontaminasi, dan dari susu yang terkontaminasi penderita.
Gejala yang muncul ialah sakit tenggorokan, demam, sulit bernapas dan menelan, mengeluarkan lendir dari mulut dan hidung, dan sangat lemah. Kelenjar getah bening di leher membesar dan terasa sakit. Lapisan(membran) tebal terbentuk menutupi belakang kerongkongan atau jika dibuangkan menutup saluran pernapasan dan menyebabkan kekurangan oksigen dalam darah. (Wikipedia)

GEJALADIFTERIA

Mengingat bahwa akibat yang disebabkan oleh wabah bakteri ini sangat berbahaya dan dapat menyebabkan kematian, DOKTER ANAK ANDARA sebagai salah satu yang bergerak sebagai pelayanan kesehatan, merasa berkewajiban untuk menyampaikan dan menganjurkan kepada setiap ayah-bunda yang memiliki  bayi dan/atau anak-anak, atau bahkan orang dewasa seperti ayah-bunda sekalian untuk SADAR pentingnya Imunisasi Difteri, baik di praktek dokter, puskesmas, klinik dan rumahsakit.

Hal ini perlu dilakukan, karena dalam 2-3 tahun terakhir ini, minat masyarakat untuk imunisasi jauh menurun dikarenakan (masyarakat) mudah dipengaruhi agar mengikuti pihak-pihak yang Anti-Vaksin melalui sosial media. Mulai dari bahaya nya kandungan vaksin bagi anak-anak dan balita sampai dengan kandungan vaksin yang tidak halal. Tapi benarkah informasi-informasi yang disebar itu? Tentu saja TIDAK BENAR. Namun untuk meyakinkan ayah-bunda sekalian, Info Imunisasi mengulasnya dengan sangat jelas.

Vaksin Difteri biasanya terdapat pada imunisasi dengan vaksin DPT, dan umumnya tersedia di pelayanan kesehatan yang menyediakan imunisasi bagi bayi dan balita. Dan, terdapat juga pada vaksin TD di berbagai pelayanan kesehatan seperti rumah sakit, puskesmas, atau klinik.

Nah, informasi tentang DIFTERI secara lengap banyak lho tersedia baik online maupun buku-buku kesehatan, ayah-bunda. Atau ayah-bunda dapat juga mengkonsultasikan langsung kepada dokter mengenai bahaya nya penyakit ini.

Jadi, kalau ayah-bunda, atau anak-anak belum di imunisasi, segeralah di imunisasi. Tidak perlu ragu. Usia bukan penghambat orang tersebut untuk diimunisasi. Belum terlambat kok.

Salam penuh cinta,
Dokter Anak Andara (Pediatrician)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s